Apa itu Ratib ?

Istilah ratiban sering kita dengar dari beberapa kalangan muslim, asalnya dari kata ratib. Tentu agak berbeda artinya antara ratiban dengan ratib. Setidaknya, ratiban itu mengacu kepada suatu acara di mana di dalamnya dibacaka ratib. Tetapi ratib itu sendiri apa?

Untuk lebih jelasnya, mari kita kaji lebih dalam tentang masalah ratib ini.

Pengertian Bahasa

Istilah ratib secara bahasa adalah hal yang dilakukan secara rutin, berkesinambungan, keteraturan dan terus menerus. Sebagai bandingan, kita sering juga mendengar istilah imam ratib masjid. Nah, maksudnya adalah imam yang rutin di suatu masjid.

Pengertian secara Istilah

Kumpulan lafadz ayat Quran, dzikir dan doa yang disusun sedemikian rupa dan dibaca secara rutin dan teratur. Boleh dibilang bahwa rati itu artinya adalah kumpulan doa dan dzikir yang dibaca rutin.

Kalau kita ke toko buku Islam, pasti kita akan mendapatkan begitu banyak buku yang isinya kumpulan doa dan dzikir. Tentu saja versinya sangat banyak, sesuai dengan latar belakang masing-masing penyusun.

Meurut Habib Mundzir, pimpinan majelis Rasulullah, karena kumpulan doa ini semakin menyebar dan meluas, dan memang dibaca secara berkesinambungan, maka digelari Ratib, lalu dialek kita menamakannya Ratiban, doa ratib, ratib haddad, ratib alatas dan gelar gelar lainnya. Padahal mereka yang merangkumnya itu tak menamakannya demikian, namun bahasa sebutan dari waktu ke waktu yang menamakannya dengan nama itu.

Ratib Pengganti Hiburan

Dalam sejarah, ratib kemudian dijadikan salah satu pendekatan moderat untuk menggantikan budaya pesta dan hura-hura yang kurang bermanfaat. Dahulu setiap ada hajatan apapun seperti perkawinan, membangun rumah, atau apa saja, dimeriahkan dengan berbagai pesta seperti nanggap wayang, ndangdutan, menggelar layar tancap, saweran, sajenan, judi bahkan mabuk mabukan dan lain sebagainya.

Maka para juru dakwah di masa itu pelan-pelan mengarahkan agar setiap acara dibacakan dzikir, baik sebagai tasyakur dan doa mohon keselamatan. Lalu jadilah ratib dibaca di berbagai hajatan.

Titik Pangkal Perbedaan Pendapat

Kalau kita lihat bagaimana ratib ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menggeser kebiasaan kurang baik dari masyarakat, berubah menjadi hal-hal yang positif, yaitu membaca ayat Quran, atau berdzikir dengan lafadz-lafadz yang memang dianjurkan serta didasari hadits yang shahih, namun tetap saja ada kalangan yang bersikeras tidak setuju dengan ratib ini.

Di antara argumentasinya adalah bahwa kegiatan membaca dzikir berjamaah ini tidak ada contohnya dari Rasulullah SAW. Padahal kita tidak boleh melakukan sesuatu yang tidak ada contoh langsung dari nabi. Kira-kira demikian logikanya.

Tentu logika seperti ini agak subjektif dan membuka peluang diskusi lebih jauh. Dan kami pernah membahas masalah ini dalam tema ‘dzikir berjamaah’.

* Dari berbagi sumber di internet

38 comments:

  1. Jika baik dan jauh lebih bermanfaat, mengapa dilarang.

    ReplyDelete
  2. Lantas bagaimana cara mengatasi umat yang suka dangdutan atau mabukan selain sengan cara ratiban klo ratiban ini dilarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahai saudara muslim , dangdutan dan mabukan itu dah jelas hukum nya apa? dan hadis hadis sohih nya banyak banget. Ratiban in memang g pernh d contohkan. oleh rosul bukan d larang jadi msh banyak kok kegiatan yg lbh mulia dan mendaoat pahala ketimbang kt mengikuti sesuatu yg meragukan. mari kt bersama sama sekarang banyak banyak mendekat dn kembali ke jalan Allah karena tanda tanda akhir zaman sudah mulai keliatan sedikit demi sedikit.

      Delete
    2. Kenapa ga di suruh baca alquran aja yg jelas tuntunannya
      Malah diarahin ke yg ada tuntunanya takutnya

      Delete
  3. kenapa buat sesuatu yang tidak diajar Rasulullah? walaupun kelihatan baik, tapi bukan satu sunnah, itu bid'ah. Hadis Riwayat Nasai shahih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. THE INDIVIDUAL IZINKAN SAYA UNTUK SEDIKIT MENJAWAB komentar anda : Dalil bacaan wirid rotibul hadad.
      1. Bacaan Alfatehah dlm rotibul hadad :
      Sumber di ambil dari Alquran dan hadist Nabi dalam Shahih Muslim kitabus salam bab jawazu akhdzil ujrah 'alarruqyati bil quran wal-adzkar no. 65.

      2. Bacaan surat Kursi dlm rotibul hadad di ambil dari QS. Al-Baqarah: 255 dan Tentang keutamaan kita membaca ayat kursi ini, setidaknya ada 99 hadits yang menerangkan fadhilahnya..silahkan cari sendiri..!!

      3. Bacaan ayat penghabisan surat QS Al-Baqarah 285) dlm rotibul hadad :

      Diriwayatkan daripada Abu Mas'ud al-Badri r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, memadai kepada seseorang yang membacanya pada malam hari sebagai pelindung dirinya.

      4 sampai 18 Dan seterusnya semua bacaan dan wirid di ambil dari Alquran dan hadist Nabi.. Bukan di ambil dari sumber koran atau majalah.
      Sehingga jelas wirid rotibul hadad di ambil dari Sunah Sunah Nabi dan Alquran yang di anjurkan oleh Nabi kepada umatnya yaitu umat islam untuk mengamalkannya.

      Silahkan pahami hadist di bawah ini :
      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

      مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

      “Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim no. 1718)

      Kalimat = amalan yang bukan berasal dari "KAMI",
      kalimat : kami dalam hadist tersebut adalah menunjukkan dari Nabi muhammad saw. Dan apa apa yang di anjurkan atau di perintahkan Nabi telah tertulis dalam hadist Nabi dan selanjutnya sebagai sumber "SUNAH" yang sah untuk dikerjakan secara istikhomah..jadi "JELAS" jika amalan itu di ambil dari sumber Alquran dan hadist Nabi maka amalan itu di terima dan di beri manfaat dan pahala bagi yang mengamalkan.. Sedangkan amalan yang di ambil "BUKAN" dari Alquran dan hadist Nabi jelas di TOLAK.

      Delete
    2. THE INDIVIDUAL.. Semoga anda bukanlah kaum ISLAM PROTESTAN yaitu kaum yang suka protes atas amal amalan yang orang lain kerjakan.

      Delete
    3. @The Individual...
      Assallam mualaikum.
      Maaf sebelumnya,
      Allah swt telah menciptakan manusia dan manusia adalah mahluk yg paling sempurna kalo dibandingkan dengan mahluk yg lain. Manusia di lengkapi dengan akal pikiran. Makanya kita diwajibkan supaya berpikir sebelum melakukan apa-apa ataupun berkata-kata.

      Sususan zikir-zikir yang ada di Ratib Al Attas Dan Al Haddad semuanya tidak kurang dari memuji Rasullullah SAW dan Ya Rohman sebagai, Sang Pencipta.(apakah Ini satu dosa? Dan bida'ah juga tidak berarti dosa kan?) Dan kebanyakan Ratib dibaca secara beramai-ramai. Dan ini juga satu konsep kebaikan karena semua orang bisa ngumpul bersiratul rahmi dan juga akan menjadi lebih akrab sesama Muslim.

      Sekiranya, Ratib adalah satu bida'ah menurut anda...
      Berarti, menaiki mobil, pesawat, motor dll juga bida'ah donk.. karena, Rasullulah jg tidak pernah menaiki semua itu. Iya khan?

      Sebaiknya anda berikan pandangan dan nasehat anda itu kepada Non-muslim. Ianya pasti lebih bermanfaat. siapa tau mereka bisa tertarik dan yakin dengan agama Islam daripada anda mengundang perasaan yang tidak enak sesama sodara muslimin.

      Smoga Allah mengampuni, meredhoi Dan memberkati kita semua Dan juga semua mahluk ciptaanNYA.
      Insya Allah.

      Delete
    4. hati2 bro...disekitar kita banyak sekali orang yg suka membid'ah2kan amalan...yg saya pikirkan,apakah mereka kerja naik unta? biar gak bid'ah...hhhhh

      Delete
    5. bang klu mw bner ikutin yg d contoh rasul...ayat yg d bawa dr jibril k nabi muhammad punya arti..ada larangan perintah kisah dll..jjgn cuma baca doang..nte baca ntuh qur'an sm nyanyi lagu dayak klu gk ngerti 22 sama ajh..qur'any di tadaburin biar paham

      Delete
    6. lu naek onta aja dan gak usah maen internet

      Delete
    7. Mungkin yg dimaksud adalah berdasarkan Wahyu dan Semua tentang nabi.
      Al Qur'an dan Hadist adalah merupakan hasil penyusunan dari orang orang setelah Nabi.

      Dan Mungkin yg bisa di baca ada kalimat2 Al Qur'an dan Hadits..tanpa nama Ratib Al Atas dan Ratib Al Haddad. KArena Nama Tersebut adalah Nama penyusun sebagai panduan biar mudah biar tidak bingung apa dan bagaimana cara ngaji dan ber sholawat.

      Di suruh Ngaji dan Sholawat namun dilarang ratiban.
      Lalu hamba yg bodoh ini nanya...bagaimana cara Ngaji dan Sholawat yang di perintahkan Nabi....
      Berikut nya saya catat cara nya yg di ajarkan org yg membid ah kan tadi dan saya ulang setiap kali saya mau ngaji dan bershoawat.

      Apa bedanya cara di ajarkan oleh pihak yg membid ah kan dengan Ratib Alatas dan Al Haddad

      Mohon maaf hamba yg bodoh menggunakan logika

      Delete
    8. THE INDIVIDUAL maaf cuma mau bicara yang sedikit saya tahu menurut saya sesuatu yang baik dan bermanfaat dan apalagi isinya berasal dari al-qur'an dan hadist nabi ngga bisa disebut bid'ah logika nya kalo semua yang gak ada dijaman nabi disebut bid'ah muka kita juga ngga ada dijaman nabi berarti muka kita bid'ah ?

      Delete
  4. Replies
    1. Siapa yang menentukan sesuatu itu bermanfaat? Allah dan rasulNya! Adakah ratib itu diperintah oleh Allah dan/atau RasulNya? Tidak! Oleh itu, tinggalkan saja.

      Delete
    2. Saudara "YOBAMA" Suatu AMALAN itu bermanfaat atau tidak itu sudah pasti hanya Allah swt yang menentukan, dan seperti yang sudah di jelaskan dan atas bimbingan Nabi Muhammad saw.. Itu sudah jelas dan pasti.

      Sebagai contoh amalan wirid rotibul hadad di urutan nomor 5 Lafadz Al-Baqiyaushshalihat

      سٌبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اْللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ.

      Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Tuhan Yang Maha Besar.

      Dari Samurah ibn Jundah bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Zikir-zikir yang paling dekat di sisi Allah adalah empat, yaitu tasbih, takbir, tahmid dan tahlil, tidak berbeda yang mana aturannya apabila engkau berzikirullah. HR Muslim).

      Jadi jelas bahwa bacaan wirid no 5 ini bermanfaat untuk seorang hamba bisa mendekatkan diri kepada Allah swt dan manfaat ini sudah di tentukan Allah swt Seperti yang sudah di jelaskan Nabi Muhammad saw dalam HR Muslim.

      Contoh lagi dalam wirid rotibul hadad nomor 9 Minta Perlindungan kepada Allah

      أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّمَا خَلَق

      Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya..3x

      Rasulullah SAW bersabda: “Sesiapa yang membaca doa ini tiga kali, tiada apa-apa malapetaka akan terjatuh atasnya.” HR Abu Dawud dan Tirmizi, )

      Jadi jelas bahwa bacaan wirid rotibul hadad nomor 9 ini bermanfaat untuk seorang hamba bisa mendekatkan diri kepada Allah swt untuk di hindarkan dari musibah atau malapetaka.. Dan manfaat ini yang menentukan Allah swt. Seperti yang sudah di jelaskan Nabi Muhammad saw dalam HR ABU DAWUD DAN TIRMIZI.

      Begitu pula semua wirid dari nomor 1 sampai 18 masalah fadhilahnya dan manfaatnya dari Allah swt Seperti di lancarkan rezekinya di mudahkan urusannya di jauhkan dari malapetaka dan di kabulkan doa doanya oleh Allah swt.. Dan akhirnya umat yang sudah mengamalkannya saling shering atas manfaat yang telah dikaruniakan Allah swt kepadanya dan itu membuat minat sahabat lainnya untuk ikut mengamalkannya dengan harapan bisa juga mendapatkan manfaat dari Allah swt Seperti yang telah sahabat lain dapatkan.


      Delete
    3. Saudara YOBAMA semoga anda bukanlah golongan kaum ISLAM PROTESTAN yaitu kaum yang suka protes atas amalan amalan yang orang lain kerjakan. Dan menuduh Ini itu sesat bid'ah neraka dll.

      Delete
  5. ga perlu di bahas masalah bidah atau sunnah...... yg terpenting bermanfaat dan baik (Alloh akan menerima suatu amalan kebaikan sekalipun sebiji sarro)

    ReplyDelete
  6. uuyyy yang bahas bid'ah?????...udah PAHAM betul tentang bid'ah BELUM ??????????..
    bid'ah itu ada bid'ah hasannah ada bid'ah dlolalah.
    memng ratib ga ada di jaman Rasul..TAPI apa itu di larang sama Rasul???? ....

    “Sungguh sebesar-besarnya kejahatan diantara kaum muslimin adalah orang yang mempermasalahkan hal yang tidak diharamkan/dilarang, kemudian menjadi diharamkan/dilarang karena ia mempermasalahkannya“. (HR. al-Bukhari

    ReplyDelete
  7. Banyak amalan yang jelas dituntunkan oleh Nabi & dijalani oleh para Sahabat.
    Yang ini saja masih banyak yang belum kita amalkan, kenapa menyibukkan diri dengan amalan yang belum jelas & dipertanyakan hukumnya ??

    ReplyDelete
  8. Bacaan apapun jika sumbernya dr al-qur'an, jika cara mbcnya itu bnr & dibaca dg bnr, itu pasti baik dan pasti bnr.
    maaf, kebetulan saya adlh jamaah ratib al haddad (wilayah lampung tengah, prov lampung), jd sdkt lbh faham ttg dzikir ratib jk dibandingkan dg yg msh awam.

    ReplyDelete
  9. dzikir kan ada banyak dan banyak pilihan, lalu semua kita jadikan satu dan di jadikan buku, lalu kita baca secara rutin. terserah mau dinamakan apa rutinitas tersebut. BOLEH KAN ??

    ReplyDelete
  10. Assalammu alaikum ,Huhuiiiih ,klo ngga debat kurng seru,perdebadan adalah untuk menangkalkan/mematahkan perbedaan jadi kesamaan, dari perkataannya saja sudah jelas beda maka artikulasinya jelas lain dan beda,memang allh ciptakan bumi langit dan seisinya itu berbeda beda,ada siang ada malam ,ada laki ada perempuan,ada suka ada duka,dan masih banyak lagi ciptaanya(allah swt) itu untuk kita saling bersyukur dan dinikhmatinya,jadi kita klo membicarakan perbedaan paham utk sekarang ini saya sendiri mumeti tuh manusiawi,maka garis besarnya klo sesuai landansan pada pilar2 hukum islam al al quran,al hadzist,ijemah dan kias,itu kesemuanya benar tidak ada salahdan yg jelas2 tidak dibenarkan yg tidak mau menjalankan perintahnya,allah dan meninggalkan laranganya.,dan sya tandaskan lagi bahwa selagi kita berpegangan pada 4pilar itu nderek lan midangetate para kyai itu yg digoll ,org2 yg selamat dunia dan akhiratnya.shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan nabi kita muhamad s a w,dan para kluarganya serta para sahabatnya,tabingin ,arifin,imam,syeh,wali,guru dan kyai ,para alim ulama,para muslimim/mat,mukminin/at yg berjuang dan berjalan di jln agama allah,yg kesemuanya kita mengharapkan syafaatnya di akhiruszaman,dan kesawaban lumebernya barokah di dlm kehidupan dimuka bumi
    Ksemuanya hanya allah yg tahu maksudny, dan keridhoanmu, yaallah,sehingga kami ,melakukan dgn lillahitaalah ,ikhals semata2 hanya ingin yg terbaik utk beribadah,allahuma shali ala syayidina muhamad wa ala ali syayidina muhamad ,wassalam.

    ReplyDelete
  11. Guru kita orang islam ialah Nabi Muhammad SAW. Sesuatu amalan itu mesti lah ada contoh dari Baginda SAW. Ratib yg datang kemudian tidak ada contoh dari Baginda. Jangan pandai-pandai mencipta. Kembalilah kepada Alquran dan Hadith (yang sahih, atau paling tidak hasan). Allahu a'alam!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ini nama nya saja udah y obama, sok menyalahkan ratib ciptaan ulama, padahal kalau ciptaan lagu peterpen noah banyak koleksi dirumahnya, bukan begitu pak obama hehe, pis eh serius amat kalau mengkultuskan amalan do'a seseorang itu bi'dah, apa lagi doa nya keturunan rasulillah. ydh ente dirumah dengerin lagu ciptaan ariel aja dirumah, jgn dengerin ratib karya ulama biar ga bi'dah hehe.. yg gini dibalas dengan guyon, ga usah ikuy terpancing apa lagi pakai tegang tegang

      Delete
    2. bagaimana anda akan kembali ke Qur'an dan hadist Nabi jika tidak melalui guru?!
      memang begiitu lahir langsung bisa baca Qur'an dan paham tafsirnya? atau begitu lahir sudah hafal hadist?

      Delete
  12. Assalamualaikum wr wb. Tujuan nya sama.. sama sama melaksanakan ibadah. Yang ratib atau tidak. Itu tidak apa-apa. Yang satu melakukan hal yang bermakna baik. Yang satu tidak melakukan karena tidak dicontohkan Baginda Rasulullah SAW. Kedua2 nya baik. Lalu siapa yang tidak baik? Yang tidak baik adalah yang saling menyalahkan..
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  13. Ojo do dadi wong pnter nanging dadio wng sing ngerti,yn dadi wng pnter dadine keblinger alias salah arah salah tujuan.

    ReplyDelete
  14. Udah jangan pada berantem. Solat subuh berjemaah di mesjid juga kalian pada ketinggalan. Malah bertikai yg beginian.

    ReplyDelete
  15. Semua bacaan nya memang dari al qur'an dan al hadits...tapi kalo diracik jadi satu kesatuan amalan itu sudah berarti membuat atau menciptakan amalan baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kira ini bila diracik jadi dangdut atau muzik k.pop

      Delete
  16. Dunia oh dunia..,
    Tingkat keimanan dan kecakapan setiap orang itu berbeda.
    Marilah belajar sesuai prosesnya, menerima, mencerna dan memahami terlebih dahulu.
    Terkadang kedewasaan seseorang itu bisa diukur lewat cara menanggapi sesuatu.
    Manusia dewasa belum tentu keimanannya juga toh..
    Ketenangan yang sesungguhnya mencerminkan kualitas diri orang itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Susah mah, klo jelasin ilmu berurusan sm bani cingkrang, mau di jelasin tartil kaya apa tetep kaga bakalan faham....
    Ilmunya cm level terjemahan dalil kulit...
    Pas dah simbolnya cingkrang, cara mikirnya jg cingkrang....

    ReplyDelete
  18. Oh ternyata ratiban doa dan dzikir" secara secara rutin.

    ReplyDelete
  19. Ketika Rasulullah masih hidup bila terjadi khilafiyah diantara para shahabat, segera dapat di selesaikan. Kini Rasul sudah wafat. Semoga tidak terjadi khilafiyah dalam hal Aqidah / Tauhid. Bila kemudian terjadi khilafiyah furu'iyyah, kita maklumi dengan saling pengertian " Tasamuh" . semoga Allah Mengampuni dosa kita. Aamiin

    ReplyDelete